• djogzs
    Terima kasih sudah berkunjung-xD

Rangkuman Ilmu Sosial Dasar

Selasa, 25 September 2012
Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.

Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga is tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.


2. TUJUAN
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.


Sekilas tentang ilmu – ilmu social, ilmu penegetahuan social dan ilmu sasial dasar.
  1. Ilmu ilmu social dasar.
Telah diketahui bahwa sumber dari segala ilmu pengetahuan adalah Philoshopia ( filsafat ) baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu social bermula dari filsafat. Dari filsafat itu lahir tiga cabang ilmu pengetahuan yaitu :
  1. Natural science ( ilmu – ilmu ilmiah ) meliputi fisika , kimia , astronomi , biologi , botani ,dll
  2. Social science ( ilmu – ilmu social ) terdiri dari sosiologi , polotik , antropologi sejarah , psikologi , geografi , dll
  3. Humanities ( ilmu –ilmu  ) meliputi bahaasa , agama , kesusastraan , kesenian , dll.
Ilmu social terus berkembang secara terus menerus sesuai dengan kebutuhan manusia di muika bumi ini.
Contohnya :
-           berdirinya akademi polotik di Yogyakarta yang disponsori oleh berdirinya tenaga akademis Pembina ilmu polotik dari belanda.
-          Didirikan balai pendidikan tinggi gajah mada yang mempunyai dua fakultas yaitu fakutas sastra dan fakultas social
-          Didirikan akademi kepolisian
  1. Ilmu pengetahuan social.
Dalam perkembangan ilmu social timbul paham studi social disebut IPS, IPS yang berarti ilmu social yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar dan menengah. IPS adalah bidang studi yang merupakan panduan ( fusi ) dari sejumlahmata pelajaran social. Materi berbagai disiplin ilmu social seperti geografi , ilmu politik , ilmu hokum ,dll.
  1. Ilmu social dasar
ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu – ilmu social yang dipergunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah-masalah social  yang timbul dan berkembang dalam masyarakat. Dengan begitu ilmu ilmu social dan ilmu social dasar tidak ada perbedaan yang prinsipil.
2. latar belakang ilmu social dasar
Latar belakang diberikan mata kuliah ISD di perguruan tinggi karena beberapa hal :
-          Banyaknya kritikan yang timbul yang ditujukan pada system pendidikan di perguruan tinggi, yang masih berbaur colonial.
-          System pendidikan kia menjadi sesuatu yang elite bagi masyarakat sendiri sehingga kita kurang akrab dengan lingkungan masyarakat, serta mengenali dimensi – dimensi lain.
Sedangkan tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi digharapka tidak menjadi tukan saja tetapi menjadi dan mempunyai tiga jenis kemampuan yaitu
-          kemampuan Personal ( lkemampuan kepribadian )
-          kemampuan akademik
-          kemampuan professional
  1. ilmu social dasar sebagai komponen MKDU
kemampuan personal ditanamkan kepada mahasiswa melelui mata kuliah daar umum atau MKDU. MKDU pun memperluas cakrawala tang tidak terbatas sehingga mampu untuik berwawasan lebih luas lagi yang tidak ada batasannya.
MKDU terdiri dari :
  1. Agama
  2. Pancasila
  3. Kewiraan
  4. Ilmu Alamiah Dasar ( IAD )
  5. Ilmu Sosial Dasar ( ISD )
  6. Ilmu Budayal Dasar ( IBD )
Tujuan mata kuliah dasar umum adalah :
  1. Membantu perkembangan kepribadian mahasiswa
  2. Menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah – masalah dan kenyataan – kenyataan social yang timbul dalam masyarakat
  3. Member pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampuberfikir secara interdisipliner.
Tujuan ISD adalah membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas  dan ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lainnya.
  1. 1. Ruang Lingkup Pembahasan
1)    Adanya berbagai aspek yang merupakan suatu masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri maupun sebagai pendekatan gabungan antar bidang.
2)    Adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat, yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran sendiri, tetapi juga amat banyaknya kesamaan kepentingan kebutuhan serta persamaan dalam pola-pola pemikiran.
  1. 2. Masalah-Masalah Sosial dan Ilmu Sosial Dasar
    1. Masalah-masalah Sosial
Masalah yang dihadapi masyarakat tidaklah sama, karena perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan masyarakat dan keadaan lingkungan alam di mana manusia itu hidup, seperti masalah sosial, moral, politik, ekonomi, agama, dll. Suatu masalah yang digolongkan sebagai masalah sosial oleh ahli, belum tentu dianggap sebagai masalah sosial oleh umum.
  1. Masalah-masalah Sosial dan Ahli Ilmu Sosial
Berbagai disiplin ilmu yang tergolong dalam ilmu-ilmu sosial menjadikan masalah sosial sebagai ruang lingkup studi, tetapi pusat studi terdapat pada usaha memahami hakikat manusia menurut perspektif masing-masing.
  1. Masalah-masalah Sosial dan Ilmu Sosial Dasar
Dengan menggabungkan kacamata subjektif dan objektif akan mewujudkan adanya kepekaan mengenai masalah-masalah sosial yang disertai dengan rasa tanggung jawab dalam kedudukannya sebagai masyarakat ilmiah dan warga Negara Indonesia.


Sumber :http://ariefsz.blogspot.com/2009/12/isd-pengertian-tujuan-isd-dan-ips.
 http://akudisinidwi.wordpress.com/2009/10/15/rangkuman-tugas-ilmu-sosial-dasar/


1 komentar:

{ Unknown } at: 8 Januari 2013 pukul 06.52 mengatakan...

okee coy thanks

Posting Komentar

Total Pageviews